Home » » Ketahui Ciri dan Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal

Ketahui Ciri dan Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal

Gejala Penyakit Ginjal merupakan suatu hal sepele yang harus dan wajib diketahui setiap orang. Sebagaimana diketahui bahwa Ginjal adalah salah satu anggota dari bagian dalam tubuh yang berperan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Suatu Penyakit Ginjal menjadi sebuah penyakit yang sangat berbahaya apabila sobat abaikan dan tidak segera ditangani medis.

Gejala Penyakit Ginjal

Biasanya, Peyakit Ginjal sering kali menimpa seseorang secara tiba-tiba dan tak di duga sama sekali. Sama halnya dengan Penyakit Jantung yang mana memang harus segera diatasi. Dalam hal yang umum, Penyakit Ginjal tentu memiliki gejala-gejala awal dan ciri khusus yang dapat di ketahui. Gejala dari penyakit ginjal ini seringkali tak terlihat.

Dalam istilah lainnya, Gejala Penyakit Ginjal disebut dengan silent disease yang mana menjadi sebuah gejala yang tak terlihat. Gejala Penyakit Ginjal hanya bersifat memperburuk keadaan kesehatan sehingga kita atau sobat perlu berhati-hati dan mewaspadai gejala awalnya yang muncul dalam tubuh. Untuk itu, sobat juga perlu tau Gejala dan Ciri Penyakit Ginjal. Berikut ini kami berikan informasi menganai gejala penyakit ginjal seperti yang kami peroleh dari healthmap.

Ciri dan Gejala Penyakit Ginjal



1. Tanpa Gejala


Banyak orang yang menderita batu ginjal tanpa gejala apapun (asimtomatik). Jika Anda memiliki batu ginjal yang sangat kecil, bisanya tidak akan diketahui ataupun terasa. Terkadang batu kecil seperti ini ditemukan jika Anda menjalani tes pencitraan (X-ray, CT scan, atau USG) untuk alasan yang tidak terkait dengan masalah ginjal. Dokter Anda mungkin mengambil pendekatan "wait and see" jika ditemukan bahwa Anda memiliki batu ginjal tanpa gejala yang mengganggu.

2. Nyeri


Nyeri akibat batu ginjal bisa terasa ringan sampai berat. Batu ginjal yang lebih besar lebih mungkin menyebabkan rasa sakit ketika turun ke ureter dan keluar dari tubuh melalui urin. Situs nyeri paling umum yang terkait batu ginjal adalah punggung bagian bawah (di kedua sisi), perut bagian bawah dan daerah selangkangan, serta di bawah tulang rusuk. Rasa sakit mungkin datang bergelombang.

3. Kurangnya Nafsu Makan Hingga Berat Badan Menurun


Kedua gejala itu merupakan gejala paling umum yang sering diabaikan sebagai sesuatu yang serius. Umumnya, kesibukan kita saat bekerja merupakan pemicu nafsu makan memburuk, apalagi saat sedang serius menapaki tangga karier Anda. Sementara penururnan berat badan, sayangnya banyak orang yang "welcome" terhadap gejala ini.

4. Mengalami Pembengkakan Pada Kaki, Tangan, dan Pergelangan Kaki


Ginjal yang seharusnya untuk menghilangkan limbah dan cairan ekstra dalam tubuh. Ketika ginjal gagal untuk menjalankan fungsi mereka, cairan ekstra dalam tubuh Anda akan mulai membangun ruang dan menyebabkan pembengkakan di wajah, tangan, kaki, kaki atau pergelangan kaki karena ada peningkatan retensi air.

5. Sesak napas dan kelelahan


Selain penyaringan toksin dari tubuh, ginjal menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin. Hormon-hormon ini membantu membawa oksigen sel darah merah ke seluruh tubuh. Bila ginjal berhenti berfungsi, mereka mungkin tak menghasilkan erythropoietin cukup sehingga lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen dalam tubuh dan menyebabkan otot-otot dan otak mudah keletihan dengan sangat cepat. Kondisi ini disebut anemia.

0 komentar:

Posting Komentar