Home » » 20 Khasiat Serta Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

20 Khasiat Serta Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Jahe - Banyak diantara kita yang sudah mengetahui apa itu jahe. Namun, masih banyak juga yang belum tahu seperti apa itu bentuk dari tanaman jahe. Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Dalam bahasa latin, jahe sering disebut dengan Zingiber Officinale.

Siapa sih yang belum kenal dengan tanaman jahe? Tanaman yang sering dijumpai di daerah pedesaan. Tanaman ini wajib ditanam di rumah-rumah untuk sekedar menjadi obat tradisional loh. Selain itu, biasanya jahe juga sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk bumbu memasak.

Manfaat Tanaman Jahe


Jahe, juga sering digunakan oleh sebagian orang sebagai penghangat tubuh. Apalagi pada cuaca yang sedang hujan terus menerus seperti sekarang ini. Sangat cocok mengkonsumsi jahe agar tubuh merasa hangat. Tanaman satu ini juga sering dibuat sebagai wedang untuk menghangatkan tubuh. 

Kandungan jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebut saja senyawa Phenol yang terbukti memiliki efek anti-radang dan diketahui ampuh mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang dialami otot. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung zingilberene dan shogol yang akan berfungsi sebagai anti-oksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker pun jantung.

Nah, selain bermanfaat sebagai penghangat tubuh, jahe juga sangat bermanfaat sebagai kesehatan tubuh. Banyak akan manfaat dari tanaman jahe ini. Berikut akan kami bahas mengenai manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat jahe :

1. Menurunkan tekanan darah (Hipertensi)

Jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, yang mengakibatkan darah mengalir lebih cepat dan lancar serta meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

2. Membantu Pencernaan

Hal ini dikarenakan jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan akan mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang juga menjadi penyebab utama stroke, dan serangan jantung.

4. Obat Mual & Masuk angin

Jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.

5. Menangkal Radikal Bebas

Jahe mengandung antioksidan yang mendorong penetralan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

6. Meredakan Rasa sakit

Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.

7. Obat Kompres Daun

Jahe juga berkhasiat, sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. Caranya dengan ditumbuk dan diberi sedikit air dapat dipergunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil.

8. Melancarkan penceraan

Memperkuat pencernaan makanan dan mengusir gas di dalamnya. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu direbus dalam air mendidih selama lebih kurang ½ jam, kemudian diminum airnya.

9. Mengobati rematik

10. Obat Luka

Mengobati luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh, serta gigitan ular. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.

11. Obat Digigit Serangga

Mengobati gatal karena sengatan serangga. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu digunakan sebagai obat gosok.

12. Mengobati luka bekas gigitan ular beracun.

Caranya dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun (hanya sebagai pertolongan pertama sebelum penderita dibawa ke dokter)

13. Mengobati sakit perut

Jahe merupakan obat mujarab bagi penderita sakit perut, seperti diare. Sebab jahe bersifat analgesik dan menenangkan.

14. Mencegah beberapa jenis kanker
Dari khasiat harian, jahe yang diekstrak juga ampuh menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

15. Menyembuhkan migrain

Studi menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin, faktor penyebab rasa sakit pada kepala. Dengan demikian, jahe mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

16. Mencegah siklus menstruasi tak teratur

Jahe memberi manfaat keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Di China misalnya, jahe dan gula merah yang dicampurkan dalam teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi kram saat datang bulan.

17. Mengobati morning sickness

Rasa mual, perut kembung dan ingin muntah di pagi hari, termasuk pada wanita hamil, dapat disembuhkan dengan ramuan jahe.

18. Mengobati sakit gigi

Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata juga bisa dicegah dengan kebiasaan minum air jahe. Ini karena jahe memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

19. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lain, yakni jahe terbukti berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, selain bersifat membersihkan darah. Dengan demikian serangan jantung dan pembekuan darah dapat dicegah.

20. Sebagai Obat Jerawat

Salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, jahe juga berkhasiat untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gram per hari.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai Khasiat dan Manfaat Tanaman Jahe bagi kesehatan tubuh. Selain aman dan mudah, tanaman jahe sangat efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi kita semua. 

2 komentar:

arisno mengatakan...

Trims atas tulisannya, ijin copas untuk share ke teman2

Unknown mengatakan...

aq suka banget minum wedang jahe......

Posting Komentar