Home » » Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh dan Penangkal Penyakit

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh dan Penangkal Penyakit

Manfaat Vitamin A - Vitamin A merupakan sebuah vitamin yang sangat berguna bagi tubuh kita. Vitamin A ini memiliki rumus C20H30yang mana memiliki fungsi dan kegunaan penting dalam pembentukan sistem pengelihatan yang baik bagi tubuh kita. Perlu diketahui juga bahwa vitamin A ini menjadi salah satu jenis Vitamin yang larut dalam lemak.


Didalam sebuah vitamin A ini pun terdapat beberapa macam senyawa diantaranya, senyawa retinil, retinol, retinil asetat dan palmitat. Senyawa dalam vitamin A ini tak banyak diketahui oleh sebagian orang, karena memang tidak terlalu nampak. Buah Semangka juga mempunyai vitamin A yang sangat berguna bagi tubuh.

2 Bentuk aktif juga terdapat dalam vitamin A, diantaranya adalah Retinil palmitat dan Beta Karotin. Retinil palmitat ini berasal dari makanan hewani antara lain daging sapi, hati ayam, susu, keju, dan ikan. Sementara itu, Beta Karotin berasal dari makanan nabati seperti, brokoli, bayam dan wortel.

Apabila kita mengalami kekurangan vitamin A, akibat yang akan dihasilkan yakni akan terdapat gangguan pada pernafasaan, kerabunan dan bahkan bisa sampai mengalami kebutaan. Untuk itulah mengapa semenjak dini kita diajarkan makan 4 sehat, 5 sempurna. Selain itu, Vitamin A juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut inilah Khasiat Vitamin A.

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh


1. Vitamin A dapat membantu sel reproduksi secara normal yang kita sebut diferensiasi. Bila tubuh tak melakukan diferensiasi maka bisa berdampak pada kondisi pra-kanker.
2. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuha luka.
3. Vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.
4. Vitamin A bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan gigi, kulit dan rambut.
5. Khasiat Vitamin A bisa membantu mengatasi penyakit kulit seperti bisul, jerawat.
Nah selain untuk mata ternyata vitamin A memiliki manfaat lain bukan itulah kenapa Vitamin A penting untuk kesehatan kita. Apa kamu sudah memakan vitamin A hari ini ?

0 komentar:

Posting Komentar