Home » » Ketahui Ciri Gejala Demam Berdarah dan Cara Pencegahan DBD

Ketahui Ciri Gejala Demam Berdarah dan Cara Pencegahan DBD

Gejala Demam Berdarah - Demam Berdarah atau istilah lainnya demam berdarah dengue disingkat dengan istilah DBD ini sering kali menyerang salah seorang akibat dari sebuah infeksi virus dengue yang telah disebar luaskan hewan nyamuk. Wikipedia juga menyebutkan bahwa jenis penyakit DBD ada yang menyebutnya dengan istilah “breakbone fever” dan atau “bonebreak fever” (demam sendi). Hal ini sang pengidap akan mempunyai rasa nyeri hebat yang seakan-akan membuat tulang remuk dan patah.

Ciri Gejala Demam Berdarah dan Cara Pencegahan DBD

Adapun Gejala Demam Berdarah sendiri biasanya tengah diderita oleh pengidap yang merasakan sakit kepala, kulit kemerahan seperti sedang campak, nyeri otot dan persendian. Penyakit tersebut merupakan gejala demam berdarah pada umumnya. Sementara itu, berikut adalah Gejala Demam Berdarah yang lainnya :

Gejala Demam Berdarah

  • Tiba-tiba tubuh mengalami demam hebat selama 2 - 7 hari (38 - 40 derajat celcius)
  • Ketika virus menyebar akan timbul gejala sepeti tubuh menggigil meski cuaca sedang terik, sakit kepala, nyeri ketika menggerakan bola mata ke segala arah dan tak jarang yang mengalami nyeri punggung
  • Mulai terlihat bintik-bintik merah seperti campak saat melakukan pemeriksaan dengan metode uji torniquit
  • Terjadi pembengkakan hati
  • Sering syok karena tekanan darah menurun
  • Trombosit akan menurun dibawah 100.000/mm3 dan terjadi peningkatan hematokrit diatas 20%
  • Seiring tersebarnya infeksi virus dalam tubuh, hidung akan mengeluarkan darah (mimisan)
  • Saat buang air besar kotoran yang dikeluarkan berupa lendir yang bercampur dengan darah (melena).

Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD atau berkepanjangan dari Demam Berdarah Dengue ini biasanya dikarenakan oleh sebuah infeksi virus dengue. Secara istilah dalam ilmiah, ini diklasifikasikan kedalam famili Flaviviridae dan egnus Flavivirus.

Virus ini singgah pada tubuh seseorang yang mana langsung ditularkan atau disebarkan oleh hewan nyamuk Aedes aegypti. Disiang hari, nyamuk ini biasa menyebarkan virus dengan melalui gigitannya. Dan lebih parahnya lagi, satu gigitan saja dapat menginfeksi manusia. Semua penyakit Demam Berdarah Dengue tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyebaran dari virus yang disebabkan nyamuk tersebut jikalau dilihat dari mekanismenya, telah diteliti oleh para ahli. Para ahli tersebut pun mencari solusi untuk keluar dari permasalahan tersebut agar dapat menindaklanjuti penyakit ini agar tak tersebar dengan mudah dengan melakukan langkah pencegahan. Berikut ini adalah tahapan Cara Mencegah Demam Berdarah :

Hindari ruangan yang lembab

Ruangan yang lembab sangat disukai oleh nyamuk jadi tak heran jika Anda kesal ketika tidur banyak sekali nyamuk yang menggerogoti kulit. Maka dari itu, agar tidur Anda bisa nyenyak dan nyamuk minggat dari kamar, bersihkan kamar Anda agar besih dan segar.

Segera cuci baju kotor yang menumpuk

Pada baju dan kotor (apalagi tercampur keringat) memiliki banyak kuman yang bisa dijadikan santapan lezat oleh nyamuk. Tentu Anda sering melihat banyak nyamuk yang hinggap pada pakaian kotor.

Tanamlah tanaman yang bisa mengusir nyamuk

Ada beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk, biasanya tanaman ini diolah menjadi obat nyamuk atau krim untuk mengoles tubuh yang digunakan sebelum tidur. Misalnya, bunga lafender dan jeruk.

0 komentar:

Posting Komentar