Home » » 10 Makanan yang Mengandung Sumber Protein Tinggi

10 Makanan yang Mengandung Sumber Protein Tinggi

Makanan Yang Mengandung Protein - Sebelum ini kami telah memberikan Tips Mengecilkan Perut Buncit, dan kali ini akan kami bahas mengenai makan yang mengandung sumber protein. Protein adalah sebuah nutrisi yang sangat penting serta sangat dibutuhkan tubuh yang mana berfungsi sebagai pembentukan jaringan otot. Mungkin apabila sobat adalah sosok atlet, binaragawan maka sobat tentunya membutuhkan yang namanya asupan protein yang sangat tinggi demi pembentukan serta penambah massa otot tubuh sobat.

10 Makanan yang Mengandung Sumber Protein Tinggi
Makanan Berprotein

Zat pengatur merupakan salah satu fungsi dari protein yang secara lebih lanjut membantu mengatur hormon-hormon yang berfungsi dalam proses pencernaan. Peran protein dalam penjagaan keseimbangan pH asam dan basa tubuh juga sangat penting.

Manfaat yang selanjutnya dari sebuah protein ialah menjadi sebuah cadangan makanan dan juga energi dalam tubuh. Protein memang sangat penting bagi tubuh kita, untuk itulah kita sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan protein setiap harinya. Menurut sumber referensi yang kami dapatkan, protein ini terbagi menjadi dua, yakni protein nabati serta protein hewani. Protein nabati yakni sebuah protein yang berasal dari tumbuhan adapun protein hewani sendiri berasal dari hewan. 

Protein hewani tersebut tentunya mengandung profil asam amino yang sangat lengkap termasuk asam amino esensial yang sangat mutlak diperlukan bagi perkembangan tubuh. Dan berikut 10 jenis Makanan yang Mengandung Protein Tinggi.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein dengan kandungan nutrisi terlengkap dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Sebutir telur rebus mengandung tujuh gram protein dengan hanya dua gram lemak jenuh.

2. Tenderloin ayam (White Meat)


Masing-masing tenderloin mempunyai berat sekitar satu setengah hingga dua ons, sehingga memudahkan Anda mengontrol porsi. Dua tenderloin hampir setara dengan satu takar ukuran tiga ons.

3. Dada ayam (White Meat)

Potongan daging rendah lemak merupakan pilihan makan siang rendah kolesterol yang sehat. Makanan ini bisa menjadi pilihan jika Anda hendak makan daging yang rendah lemak jenuh.

4. Sirloin (Daging Sapi)


Daging sirloin adalah daging yang berasal dari bagian belakang sapi. Daging ini bekerja lebih berat daripada pada bagian lain, umumnya dipakai untuk membuat steak sehingga agak lebih keras dibandingkan yang lain.

5. Ikan Segar


Tentunya kita semua sudah tahu kalau ikan merupakan makanan tinggi protein. Namun, berbeda dengan daging, kita tidak perlu kuatir akan kandungan lemak pada ikan. Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah.

6. Udang


udang kaya akan kalsium dan protein, dan termasuk dalam kategori sumber protein hewani. Nilai protein pada udang dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh.

7. Susu Murni


Susu berfungsi sebagai salah satu sumber protein yang paling baik dan kaya protein berkualitas.Jumlah protein susu murni memang tak terlalu besar, namun kualitas protein yang disediakan bagi tubuh sangat menakjubkan.

8. Keong Mas

Menurut Dr Ir Sulistiono, MSc, Ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) (harian Pelita, Jum’at,13/4), keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9.

9. Kacang Kedelai


Selain kaya protein, kacang kedelai juga rendah lemak dan mengandung phytochemical seperti isoflavon, asam phytc dan saponin. Kandungan ini baik untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung, osteoporosis dan kanker.

10. Tahu


Tahu yang kaya nutrisi, terutama protein bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan. Bisa dikonsumsi bersama salad, dikukus, digoreng ataupun panggang. Selain bergizi, tahu juga mudah menyatu dengan bumbu dan makanan lain sehingga Anda tidak akan bosan memakannya.

Sebenarnya, masih ada banyak jenis Makanan Sumber Protein Tinggi. Akan tetapi, kami hanya mengambil beberapa yang disadur secara umumnya saja. Untuk itu, kami mohon maaf atas segala kekurangannya. 

0 komentar:

Posting Komentar