Home » » Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Mengkudu - Mengkudu yang juga sering disebut dengan Pace ini disadur dari nama latin Morinda citrifolia L. Mengkudu juga masuk dalam kategori famili Rubiaceae. Telah lebih dari berbagai masa buah mengkudu ini dipercayai sebagai obat penyembuh penyakit. Bahkan, nenek moyang kita dulunya juga seriung menggunakan buah mengkudu untuk obat tradisional.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah Mengkudu

Di negara kita sendiri, Indonesia, Mengkudu memiliki banyak nama sebutan sesuai pada daerah kita masing-masing. Diantaranya yakni pada daerah Aceh menyebut dengan keumeudee, daerah Jawa menyebutnya dengan pace, kemudu, kudu, Sunda menyebutnya dengan cangkudu, Madura menyebut dengan kodhuk, dan terakhir daerah bali menyebutnya dengan tibah.

Mengkudu juga sering digunakan untuk campuran bahan rujak. 

Tak hanya pada bagian buahnya yang dapat digunakan sebagai obat, melainkan pada bagian daun, batang dan akar dari tanaman mengkudu pun masing-masing memiliki khasiat tersendiri. Mengkudu juga sangat tinggi akan antioksidan dan enzim. Buah yang berbau tak enak ini pun dipercaya sebagai buah pembangkit energi. Manfaat dari buah mengkudu secara lengkapnya akan di bahas berikut ini.

Manfaat Buah Mengkudu


  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dr. Schechter (Institut Pengobatan Alami di California) telah melangsungkan penelitian klinis yang mana membuahkan hasil data-data penting tentang kemampuan sari buah Mengkudu, diantaranya yaitu merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh.

  • Menormalkan Tekanan Darah

Neil Solomon, MD.PhD, peneliti masalah kesehatan dari Amerika menyebutkan bahwa buah Mengkudu atau pace ini ternyata mempunyai kandungan sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang sangat berfungsi untuk melebarkan saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan.

  • Melawan Tumor dan Kanker
  • Menghilangkan Rasa Sakit
Zat analgesik yang terkandung dalam buah mengkudu yang juga sering dikenal dalam sejarah pengobatan tradisional menyebutkan bahwa buah mengkudu ini memberikan sebuah efek yang sangat menguntungkan untuk mengatasi rasa sakit.

  • Mengatasi Peradangan dan Alergi
  • Mengkudu Sebagai Anti-bakteri
  • Mengatur Siklus Suasana Hati (Mood)
  • Mengatur Siklus Suasana Hati (Mood)
Demikianlah pembahasan perihal Manfaat Buah Mengkudu yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini kami sertakan pula Khasiat Buah Mengkudu yang mana dapat digunakan sebagai sumber referensi sobat.

Khasiat Buah Mengkudu



0 komentar:

Posting Komentar