Home » » Ciri-ciri Penyebab Dan Gejala USUS BUNTU Pada Manusia

Ciri-ciri Penyebab Dan Gejala USUS BUNTU Pada Manusia

Gejala Usus Buntu - Usus Buntu atau apendicitis didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana terjadinya pembekakan pada apendix dan terisi oleh nanah. Sedang Appendix sendiri merupakan kantung yang berupa seperti jari yang menonjol dari usus besar di bagian bawah. Atau lebih tepatnya terdapat pada sebelah kanan dari perut kita. Fungsi dari appendix sendiri belum diketahui medis secara pasti.

Appendicitis ini akan menimbulkan rasa nyeri yang bermula di sekitar pusar langsung menjalar ke bawah perut bagian kanan. Jika tak segera diobati, appendicitis ini akan meningkat dengan cepat, yakni pada 12 hingga 18 jam. Bahkan akan menjadi sangat parah.

Gejala USUS BUNTU


Siapa yang akan diserang penyakit appendicitis ini? Appendicitis dapat menyerang siapapun, akan tetapi yang paling sering diserang adalah pada anak hingga orang dewasa. Atau pada usia kisaran antara 10 sampai 30 tahun. Jadi, bagi kalian yang berusia diantara 10-30 tahun harap waspada dengan penyakit satu ini.

Fungsi Usus Buntu

Sebenarnya, tak banyak orang yang mengetahui akan halnya fungsi dari usus buntu ini. Pada kenyataannya, manfaat usus buntu sangat diyakini oleh para nenek moyang manusia. Ketika mereka masih memakan tumbuh-tumbuhan, mereka juga sangat memerlukan organ tambahan untuk mencerna kulit kayu yang keras. Untuk itulah usus buntu dalam ukuran lebih besar juga terdapat pada herbivora. (Dilansir Buzzle, Rabu (5/5/2010))

Hingga sampai saat ini, Penelitian masih terus dilakukan demi menunjukkan apa fungsi lain dari usus buntu ini. Jika memang punya fungsi, pencegahan radang usus buntu harus lebih diprioritaskan daripada operasi pengangkatan.

Faktor Penyebab

Penyakit usus buntu disebabkan oleh faktor :
  1. Penyumbatan. Sisa makanan yang mengeras dapat terjebak di dalam lubang pada rongga perut yang mengisi appendix anda.
  2. Infeksi. Appendicitis dapat juga dikarenakan olek infeksi virus gastrointestinal, atau mungkin karena jenis pembengkakan lain.

Pada kedua kasus di atas, bakteri bisa juga menyerang dengan cepat yang akan menyebabkan appendix meradang dan terisi oleh nanah. Jika tidak di obati dengan benar atau tidak segera dilakukan operasi, maka appendix dapat pecah.

Gejala Usus Buntu 

Nah, ini yang perlu diketahui dari setiap manusia. Bahwasannya penyakit usus buntu akan mulai timbul dari beberapa gejala berikut ini :
  • Rasa nyeri gatal yang dirasakan pada daerah perut dan sering menjalar ke bagian perut bawah sebelah kanan
  • Rasa nyeri yang menjadi sangat tajam dalam beberapa jam
  • Mati rasa atau kebal jika anda menekan perut bagian bawah kanan
  • Rasa nyeri yang parah jika perut bagian kanan bawah ditekan dan kemudian tekanan tersebut dilepas dengan cepat
  • Rasa nyeri yang memburuk saat anda batuk, berjalan, atau membuat gerakan bergetar
  • Muntah
  • Mual
  • Demam ringan
  • Konstipasi
  • Hilangnya nafsu makan
  • Diare
  • Susah buang angin
  • Bengkak pada daerah perut
Nah, demikianlah pembahasan mengenai Gejala Usus Buntu yang disadur dari berbagai sumber. Dengan adanya artikel diatas, semoga dapat menjadikan manfaat bagi kita semua. Perlu diketahui bahwa penyakit itu dapat dicegah.

0 komentar:

Posting Komentar